Notification

×

Iklan

Iklan

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi

13 April 2016 | 22:08 WIB Last Updated 2019-12-05T20:00:28Z
Bahasa Indonesia, Puisi - Pengertian puisi adalah sebuah karya sastra yang dibuat sebagai ungkapan dari perasaan seorang penyair yang mana memiliki makna, menggunakan bahasa khusus, terikat oleh beberapa aturan seperti rima, irama, lirik, dan bait. Puisi dibuat dengan penuh perasaan dan penuh konsentrasi khususnya untuk pengkonsentrasian bahasa, struktur fisik dan juga struktur batin.

Yang lebih diutamakan dalam suatu puisi adalah bunyi dan bentuk pengucapan atau penyampaian, bagaimana puisi bisa diresapi maknanya, bagaimana puisi dapat dipahami dan secara mendalam arti didalamnya dapat membuat pendengar puisi terkesan.

Lebih spesifik puisi cenderung lebih menitikberatkan pada keindahan gaya bahasa. Semua orang bisa membuat puisi dengan baik, tetapi sebelum itu mereka harus mengetahui beberapa hal, seperti unsur puisi, ciri puisi, dan jenis puisi untuk memudahkan seseorang dalam mengelompokkan jenis puisi yang ingin dibuatnya.

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi
Gambar Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi

Jenis puisi dibagi menjadi dua jenis, yaitu puisi baru dan puisi lama. Berikut sedikit informasi mengenai jenis-jenis puisi dan ciri-cirinya.

1. Puisi Baru

Puisi baru adalah puisi yang cenderung lebih tidak terikat oleh aturan-aturan khusus yang sebelumnya diikatkan dalam puisi.

Ciri-ciri puisi baru :
  • Puisi baru lebih rapi
  • Tidak terikat atau lebih bebas banyaknya baris, suku kata dan juga rima
  • Kebanyakan terdiri dari empat seuntai
  • Dibuat atas kemauan puisi
  • Tiap barisnya berhubungan antara satu dan lainnya

Bila tertarik untuk mempelajarinya secara lebih detail, kalian bisa mempelajari puisi baru di pengertian puisi baru, ciri-ciri, dan jenisnya.

2. Puisi Lama

Puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat oleh beberapa aturan seperti rima, persajakan, dan jumlah baris serta dicirikan dengan bahasa yang sedikit lebih padat.

Ciri-ciri puisi lama :
  • Pengarang pada puisi lama cenderung tidak diketahui karena lebih banyak jenis puisi ini berasal dari cerita rakyat dan juga puisi rakyat.
  • Lebih banyak disebarkan dari mulut ke mulut atau secara lisan.
  • Kebanyakan terlihat lebih kaku ( sebab masih terikat oleh aturan tertentu seperti rima, jumlah baris dan sebagainya ).

Bila kalian ingin mempelajari  puisi lama lebih detail beserta jenisnya, kalian bisa mempelajarinya di pengertian puisi lama, ciri-ciri, dan jenisnya.

Referensi yang digunakan dalam penulisan informasi ini adalah situs artikelsiana. Demikian sedikit informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai pengertian puisi dan jenis-jenis puisi. Semoga bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update