Notification

×

Iklan

Iklan

Pilih wordpress org atau com ?

23 March 2017 | 04:07 WIB Last Updated 2019-12-05T21:01:22Z
Wordpress adalah salah satu pesaing berat dari platform blog gratisan sejenis yaitu blogspot. Meski demikian wordpress kini telah berkembang menjadi sebuh platform yang lebih powerfull lagi pada versi CMS nya.



Perlu di ketahui platform wordpress ini mempunyai 2 versi, yakni :
  1. Wordpress.com ( Blogging )
  2. Wordpress.org ( CMS self hosting)
Wordpress.com adalah platform seperti blogspot gratisan, fungsinya sama saja seperti blogspot yaitu untuk mengelola konten artikel atau hanya untuk sekedar blogging saja. Meskipun wordpress.com tersedia versi gratisnya, tetapi kita bisa mengupgradenya ke versi premium dengan fitur-fitur tambahan.

Lalu apa bedanya dengan wordpress.org ?

Sebenarnya wordpress.org sudah tidak cocok lagi untuk kita sandingkan dengan wordpress.com ataupun blogspot.com, hal tersebut dikarenakan platform ini sudah masuk ke dalam kategori CMS, yang tentunya mempunyai fungsi yang lebih powerfull lagi.

Anda bahkan bisa membuat toko online, company profile, pemutar situs streaming, situs download file, situs istansi pemerintah, situs pendidikan dan lain sebagainya secara profesional dan mandiri.

Apalagi dengan dukungan ribuan plugin gratis maupun berbayar yang lebih mempermudah dalam pengkustoman tampilan mapun fungsi pada wordpress tersebut. Tentu membangun website profesional dengan wordpress akan lebih mudah lagi (pada wordpress versi gratis kita tidak bisa melakukan pemasangan plugin, hanya untuk versi CMS ataupun yang berbayar saja).

Beberapa contoh website terkenal di Indonesia yang menggunakan platform CMS wordpress org adalah seperti situs Layarkaca21, hipwee, dan situs blogging profesional lainnya.

Tetapi jika Anda baru terjun ke dunia blogging dan hanya sekedar mencoba-coba, Anda tidak di sarankan menggunakan CMS wordpress org tersebut, lebih baik belajar terlebih dahulu menggunakan wordpress.com atau blogspot.com.

Kenapa demikian ?

Karena untuk membuat situs menggunakan CMS wordpress org, di butuhkan modal yang tidak sedikit.

Anda harus menyewa hosting dan domain untuk bisa mengoperasikan CMS tersebut. Di butuhkan paling tidak biaya sekitar 700 ribuan per tahunnya untuk pengoperasionalan blog jika menggunakan wordpress.org ( Harga bisa berbeda-beda sesuai kebutuhan ).

Selain itu, Anda juga di tuntut untuk mengerti dalam penggunaan Cpanel untuk mengontrol web tersebut, karena seluruh teknis, maintenance maupun kemanan situs menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Berbeda dengan wordpress.com atau blogspot.com, Anda bisa menggunakan keduanya secara gratis, dengan konfigurasi yang juga cukup mudah untuk pemula. meskipun kadang mengeluarkan biaya tambahan jika Anda ingin mengupgrade ke versi premium (pada wordpress.com) atau ingin mengganti domainnya ke Top level domain.

Tetapi jika Anda sudah cukup paham mengenai dunia blogging dan mempunyai arah tujuan dari website yang akan Anda bangun, Anda di sarankan untuk beralih ke wordpress.org yang memiliki fitur lebih powerfull dan kompleks lagi.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Anda bisa membuat berbagai situs profesional hanya dengan menggunakan CMS wordpress saja.

Jadi apakah Anda sudah menentukan worpress mana yang akan Anda gunakan?, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

Itulah sedikit gambaran dari perbedaan antara wordpress com dan wordpress org. Semoga bisa memberikan gambaran kepada Anda untuk menentukan akan menggunakan platform mana dalam pembuatan web atau blog yang Anda inginkan.

×
Berita Terbaru Update